Tuesday, September 3, 2013

Inferno Bab 11 (terjemahan Indonesia)



BAB 11

BENDA DI tangan Langdon secara mengejutkan terasa berat untuk ukurannya. Licin dan halus, silinder logam mengkilap dengan panjang sekitar enam inci dan membulat di kedua ujungnya, seperti sebuah miniatur torpedo.
“Sebelum kamu menanganinya dengan terlalu kasar,” Sienna menawarkan, “Kamu mungkin ingin melihat di sisi yang satunya.” Dia memberinya senyum tegang, “Kamu bilang kamu seorang professor simbol?”
Langdon memfokuskan kembali pada tabung itu, memutarnya di tangan hingga sebuah simbol merah menyala berputar ke dalam penglihatan, menghiasi sisinya.
Dengan segera, tubuhnya menegang.
Sebagai seorang pelajar ikonografi, Langdon mengetahui bahwa beberapa gambar berharga mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi ketakutan instan dalam pikiran manusia … tapi simbol di depannya dengan jelas masuk dalam daftar. Reaksinya refleks dan cepat; dia menempatkan tabung itu pada meja dan memundurkan kursinya.
Sienna mengangguk. “Ya, itu reaksiku, juga.”
Tanda pada tabung adalah sebuah ikon trilateral sederhana.


Simbol jahat ini, yang Langdon pernah baca, dikembangkan oleh Dow Chemical pada tahun 1960an untuk menggantikan sebuah deret grafik peringatan yang digunakan sebelumnya. Seperti semua simbol yang sukses, yang satu ini sederhana, berbeda, dan mudah untuk dibuat. Dengan cerdas menyulap asosiasi dengan semua dari capit kepiting hingga pisau lempar ninja, simbol modern “biohazard” menjadi merk global yang membawa bahaya di semua bahasa.
“Wadah kecil ini adalah biotube,” Sienna berkata. “Digunakan untuk memindahkan substansi berbahaya. Kita melihat ini sesekali di bidang medis. Di dalamnya adalah kantong busa di mana kamu dapat menyisipkan tabung specimen untuk pemindahan yang aman. Dalam kasus ini …” Dia menunjuk ke simbol biohazard. “Aku mengira sebuah agen kimia yang mematikan … atau mungkin … virus?” Dia berhenti sejenak. “Sampel Ebola yang pertama dibawa kembali dari Afrika dalam sebuah tabung yang hampir sama dengan yang satu ini.”
Semua ini bukanlah apa yang Langdon ingin dengar. “Apa gerangan hingga ada di jasku! Aku seorang professor sejarah seni; kenapa aku membawa benda ini?!”
Gambaran kekerasan tubuh menggeliat yang melintas di pikirannya … dan melayang di atasnya, topeng malapetaka.
Very sorry … Very sorry.
“Dari manapun ini berasal,” Sienna berkata, “Ini sebuah unit high-end. Berlapis timah titanium. Tidak bisa ditembus secara virtual, bahkan terhadap radiasi. Aku rasa keluaran pemerintah.” Dia menunjuk ke sebuah pad hitam seukuran prangko pos di sisi simbol biohazard. “Pengenal sidik jari. Keamanan dalam kasus hilang atau dicuri. Tabung seperti ini dapat dibuka hanya oleh individu tertentu.”
Meskipun Langdon merasakan pikirannya sekarang bekerja pada kecepatan normal, dia masih merasa seolah-olah dia berjuang untuk  menyusul. Aku membawa sebuah wadah yang tersegel secara biometrik.
“Ketika aku menemukan wadah ini di dalam jasmu, aku ingin menunjukkan ke Dr. Marconi secara pribadi, tetapi aku tidak mempunyai kesempatan sebelum kamu bangun. Aku memilih mencoba jarimu pada pad sementara kamu tidak sadar, tapi aku tidak mempunyai ide apa yang ada dalam tabung, dan – "
“JariKU?!” Langdon menggelengkan kepalanya. “Tidak mungkin benda ini diprogram untuk aku membukanya. Aku sama sekali tidak tahu menahu tentang biokimia. Aku tidak pernah memiliki sesuatu seperti ini.”
“Apa kamu yakin?”
Langdon sangat yakin. Dia meraihnya dan meletakkan jarinya pada finger pad. Tidak ada yang terjadi. “Lihat?! Aku sudah bilang – "
Tabung titanium berbunyi klik dengan keras, dan Langdon menyentak tangannya ke belakang seolah-olah terbakar. Sialan. Dia menatap wadah itu seolah-olah akan membuka sendiri dan mulai memancarkan gas mematikan. Setelah tiga detik, wadah itu berbunyi klik lagi, rupanya mengunci sendiri.
Tak bisa berkata, Langdon berbalik ke Sienna.
Dokter muda itu menghela nafas, terlihat tidak tegang. “Baik, hal ini sangat jelas bahwa carrier yang dimaksud adalah kamu.”
Untuk Langdon, keseluruhan skenario terasa tak cocok. “Mustahil. Pertama, bagaimana aku mendapatkan sebongkah logam ini melalui keamanan bandara?”
“Mungkin kamu terbang dalam sebuah jet pribadi? Atau mungkin diberikan padamu ketika kamu tiba di Italia?”
“Sienna, aku perlu menghubungi konsulat. Sekarang juga.”
“Kamu tidak berpikir untuk membukanya dulu?”
Langdon telah mendapatkan beberapa aksi keliru dalam hidupnya, tapi membuka wadah materi berbahaya di dapur wanita ini bukanlah salah satunya. “Aku akan menyerahkan benda ini pada yang berwenang. Sekarang.”
Sienna membuka mulutnya, mempertimbangkan pilihan. “OK, tapi segera saat kamu melakukan panggilan, kamu sendiri. Aku tidak bisa terlibat. Tentunya kamu tidak bisa menemui mereka di sini. Situasi keimigrasianku di Italia … rumit.”
Langdon melihat Sienna di matanya. “Yang aku tahu, Sienna, bahwa kamu menyelamatkan hidupku. Aku akan mengatasi situasi ini bagaimanapun yang kamu inginkan aku untuk menanganinya.”
Dia memberikan anggukan terima kasih dan berjalan ke arah jendela, menatap jalan di bawahnya. “OK, inilah yang perlu kita lakukan.”
Sienna dengan cepat merangkum sebuah rencana. Rencana sederhana, cerdas, dan aman.
Langdon menunggu saat dia menyalakan blok ID pemanggil pada telepon selulernya dan melakukan panggilan. Jarinya halus dan bergerak dengan penuh tujuan.
“Informazioni abbonati?” Sienna berkata, berbicara dalam aksen Italia yang lancar. “Per favore, puo darmi il numero del Consolato Americano di Firenze?”
Dia menunggu dan kemudian dengan cepat menulis sebuah nomor telepon.
“Grazie mille.” Dia berkata, dan mengakhiri panggilan.
Sienna menyerahkan nomor telepon pada Langdon berikut telepon selulernya. “Giliranmu. Apa kamu ingat apa yang akan dikatakan?”
“Ingatanku baik,” dia berkata dengan sebuah senyuman saat Langdon memanggil nomor yang tertulis di kertas. Sambungan mulai berdering.
Tidak ada apa-apa di sini.
Dia mengubah panggilan ke speaker dan meletakkan telepon di meja sehingga Sienna dapat mendengar. Rekaman pesan menjawab, menawarkan informasi umum tentang layanan konsulat dan jam operasionalnya, yang tidak dimulai hingga pukul 08.30.
Langdon mengecek jam di telepon. Baru pukul 06.00.
“Jika ini keadaan darurat,” rekaman otomatis berkata, “silakan tekan tujuh-tujuh untuk berbicara pada petugas jaga malam.”
Langdon dengan segera memanggil ekstensi.
Sambungan bordering lagi.
“Consolato Americano,” sebuah suara letih menjawab. “Son oil funzionario di turno.”
“Lei parla inglese?” Langdon bertanya.
“Tentu saja,” lelaki itu berkata dalam bahasa Inggris Amerika. Dia terdengar sedikit terganggu telah dibangunkan. “Ada yang bisa saya bantu?”
“Saya orang Amerika yang mengunjungi Florence dan saya diserang. Nama saya Robert Langdon.”
“Nomor paspor.” Lelaki itu menguap keras.
“Paspor saya hilang. Saya pikir dicuri. Saya tertembak di kepala. Saya di rumah sakit. Saya butuh bantuan.”
Pelayan itu sekonyong-konyong bangkit. “Pak!? Apa Anda baru saja berkata anda tertembak? Siapa nama lengkap Anda sekali lagi?”
“Robert Langdon.”
Ada desiran pada sambungan dan kemudian Langdon dapat mendengar jemari lelaki itu mengetikkan sesuatu di keyboard. Komputer berbunyi. Diam sejenak. Kemudian lebih banyak jari di keyboard. Bunyi yang lain. Kemudian tiga bunyi dengan nada tinggi.
Diam sejenak dalam waktu yang lebih lama.
“Pak?” lelaki itu berkata. “Nama Anda Robert Langdon?”
“Ya, itu benar. Dan saya berada dalam masalah.”
“Baik pak, nama Anda mempunyai sebuah action flag, yang mana mengarahkan saya untuk mengirim Anda segera ke kepala administrasi konsulat jenderal.” Lelaki itu berhenti sejenak, seolah-seolah dia sendiri tidak dapat mempercayainya. “Jangan putuskan sambungannya.”
“Tunggu! Bisakah Anda memberitahu saya – "
Sambungan telah berdering.
Berdering empat kali dan terhubung.
“Ini Collins,” sebuah suara serak menjawab.
Langdon mengambil nafas dalam dan berbicara setenang dan sejelas mungkin. “Pak Collins, nama saya Robert Langdon. Saya orang Amerika yang mengunjungi Florence. Saya tertembak. Saya butuh bantuan. Saya ingin datang ke Konsulat AS secepatnya. Dapatkah Anda menolong saya?”
Tanpa keraguan, suara dalam itu menjawab, “Terima kasih Tuhan Anda masih hidup, Pak Langdon. Kami sedang mencari Anda.”

No comments:

Post a Comment